Sudah Tau Cara Mendeteksi Kerusakan ECU Mobil ? Cek Disini

02.21

Inspeksi Mobil Bekas

Seiring berjalannya perkembangan di bidang informasi, ternyata sektor otomotif tak ingin ketinggalan. Hal tersebut tampak jelas dengan banyaknya kendaraan yang sudah disematkan teknologi elektrik sebagai alternatifnya. Salah satunya dapat ditemukan pada ECU yang merupakan komponen dari EFI. 

Bagaimana cara mendeteksi kerusakan ECU Mobil? Simak ulasan berikut.  

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu ECU
ECU merupakan sebuah rangkaian perangkat lunak serta sistem elektronik, yang memiliki tugas untuk mengatur kendaraan dari berbagai jenis sensor. Umumnya komponen penting ini ditemukan pada kendaraan injeksi atau EFI, yang terdiri dari berbagai komponen utama yang beberapa diantaranya dapat ditemukan di dalam komputer. ECU memegang beberapa kontrol penting agar kendaraan dapat bekerja optimal.

Beberapa sistem yang dikontrol oleh ECU meliputi pengaturan kerja AC, pengaturan putaran mesin yang terjadi pada kendaraan stasioner, mengatur percampuran bahan bakar dan udara, mengatur proses pembakaran, mengatur sekaligus mengontrol kinerja mesin secara menyeluruh, serta mampu mendeteksi adanya kerusakan yang terjadi pada setiap komponen kendaraan yang kemudian ditampilkan pada dashbor. 

Kenali Penyebab Kerusakan ECU
Sebagai salah satu seperangkat mesin canggih buatan manusia, sudah sewajarnya jika ECU mengalami kerusakaan jika memang sudah waktunya. Dalam kondisi tersebut, segera terapkan cara mendeteksi kerusakan ECU mobil agar mendapatkan penanganan tepat. Setidaknya ada dua faktor utama kenapa ECU bisa mengalami kerusakan, yaitu jarak tempuh kendaraan yang sudah cukup jauh ataupun dari segi usia. 

Tips Memperbaiki ECU
Jika komponen satu ini mengalami kerusakan, pastikan untuk tidak panik terlebih dahulu dan lakukan langkah cara mendeteksi dimana letak kerusakan terjadi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memeriksa di seluruh jalur CPB yang sekiranya terkena cairan ataupun terputus, mengganti elko mobil menjadi farad ataupun voltase yang sama, serta melakukan pengecekan pada komponen kaki kakinya. 

Sebagai salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki peran penting, sudah sewajarnya jika sang pemiliknya menjaga kualitas mobilnya agar tetap prima. Namun akan menjadi momok yang menakutkan ketika komponen ECU tiba tiba rusak. Sebelum mengatasi permasalahan tersebut, tentu saja penting mengetahui bagaimana mendeteksi letak kerusakannya. Dalam kondisi tersebut, silahkan terapkan cara diatas sebagai solusinya. 

Mengetahui hal ini akan bermanfaat apabila berminat membeli mobil, namun akan lebih baik jika masih belum terlalu mengerti mengenai mobil menggunakan jasa inspeksi mobil bekas terpercaya seperti Otospector agar tidak salah beli .

You Might Also Like

0 komentar

IBX582442C5AC81A