Berapa Sih Biaya Service AC Mobil? Yuk Intip Informasinya

02.26

service ac mobil

Mobil yang dingin sudah pasti memberikan kenyamanan pada saat berkendara di jalan. Akan tetapi, bagaimana jika ac pada mobil mati secara mendadak? Tentu saja hal ini sangat menyebalkan, terlebih saat kondisi jalanan sedang panas-panasnya. Mau tak mau Anda harus menyambangi bengkel untuk melakukan servis ac mobil. Kira-kira berapa sih biaya servis ac mobil tidak dingin?

Servis ac mobil ini sebenarnya hal yang sangat lumrah dilakukan layaknya perawatan kendaraan di bengkel. Ac mobil juga merupakan salah satu komponen yang wajib mendapatkan perawatan secara berkala. Karena ac mobil merupakan komponen pendukung kenyamanan pada saat berkendara.

Biaya servis ac mobil
Pertanyaan seperti ini kerap terlontar bagi orang yang hendak melakukan servis ac mobil. Sebelum menjawab, perlu diketahui jika ac mobil juga harus dilakukan pengecekan dahulu.  Pihak bengkel akan terlebih dahulu melakukan identifikasi terkait penyebab dari kerusakan. Untuk kisaran servisnya sendiri, bisa dibilang biaya servis ac mobil yang harus dikeluarkan tak terlalu menguras kantong. 

Biaya servis ac mobil Biaya servis ac mobil
Lain lagi dengan biaya untuk mengisi freon. Untuk melakukan isi freon yang berkurang, bengkel ini mematok banderol Rp 300 ribuan. Angka ini memang lebih mahal dibanding dengan bengkel ac pada umumnya yang berada di angka Rp 150-250 ribu. 

Memahami Komponen Pada AC Mobil
Sebelum benar-benar membawa mobil kesayangan ke bengkel ac, ada baiknya Anda mengetahui komponen pada ac mobil. Ada beberapa komponen seperti kompresor, evaporator, valve, kondensor, receiver dryer hingga magnetic clutch. Pastikan seluruh komponen ini masih berfungsi dengan baik tanpa adanya kerusakan satupun. Jika ada kerusakan, Anda sebaiknya mencari tahu darimana sumber kerusakan tersebut.

Pihak bengkel sendiri menyarankan untuk melakukan servis di angka 10 ribu km. Angka ini sama seperti servis rutin pada mobil. 

Biaya servis ac mobil
Sebagai gambaran, untuk melakukan perawatan evaporator, pembersihan kondensor dan pembersihan blower memakan waktu hingga 2 jam. Seluruh komponen diturunkan dan dibersihkan dengan lebih detail untuk mendapatkan flushing treatment dengan menggunakan mesin komputerisasi (mesin lax). Cara ini kerap dilakukan untuk melakukan pembersihan tahap basic atau standard.

Biaya Servis AC Mobil Pada Saat Penggantian Komponen
Dalam sebagian kasus, Anda akan diharuskan untuk mengganti komponen. Komponen yang akan diganti terdiri dari seal, thrust bearing, soe, shaft seal. Penggantian ini memakan biaya sekitar Rp 475-700 ribu. Dengan catatan, komponen utama seperti piston, noken as, dan silinder piston tidak ada yang mengalami kerusakan. Komponen lain yang kerap mengalami kerusakan adalan fan belt dan extra fan.

Biaya servis ac mobil
Untuk mengganti fan belt dan extra fan ini cukup terjangkau. Harga sebuah fanbelt ac mobil mulai dari Rp 40 ribuan, sementara extra fan paling murah Rp 300 ribuan. Jika Anda ditawarkan untuk memperbaiki extra fan, sebaiknya hindari saja. Lebih baik mengganti extra fan baru agar terhindar dari potensi kerusakan secara mendadak atau tiba-tiba. Itu adalah kisaran biaya service ac mobil yang ada di Jabodetabek dan mungkin akan ada sedikit perbedaan di beberapa wilayah lainnya. Sudah berencana untuk melakukan servis pada ac mobil Anda?

You Might Also Like

1 komentar

  1. Berarti kurang dari 1 jutaan yaa?
    murah sih tapi di tasik paling 500 ribuan tuh dah beres semua

    BalasHapus

IBX582442C5AC81A