Waspada, Inilah Tanda Jika Paru-paru Anda Bermasalah

17.04

Paru-Paru

Berbicara mengenai organ pernafasan manusia pasti tidak terlepas dari yang namanya paru-paru atau dalam dunia kedokteran disebut sebagai pulmo. Secara fungsinya, organ pernafasan tersebut berhubungan secara langsung dengan peredaran darah. Oleh karena itu, jika sedikit saja paru manusia mengalami masalah sudah pasti akan berujung pada kinerja yang tidak maksimal dan juga menimbulkan masalah pada bagian metabolisme tubuh manusia. Makanya, perlu untuk segera melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum akhirnya terjangkit masalah paru yang cukup parah.

Cukup penting memperhatikan setiap kesehatan dari organ tubuh manusia, apalagi pernafasan yang sangat utama sekali. Jangan sembarangan, pernafasan bisa mengalami gangguan kesehatan yang cukup berbahaya seperti asma, COPD sampai dengan yang paling berbahaya adalah kanker paru. Bila Anda mengetahui tanda masalah tersebut secara lebih dini pasti akan terhindar dari beberapa bahaya buruk. Sebelumnya, Anda perlu paham seperti apa saja gejala dari paru yang bermasalah yaitu:

1. Batuk kronis.
Batuk yang tergolong kronis itu menjadi salah satu pertanda kurang sehatnya bagian paru manusia. Bahkan hal itu bisa dilihat dari batuk yang dialami lebih dari sebulan bahkan hampir berbulan-bulan. Itu merupakan salah satu gejala awal, dimana sistem pernafasan Anda bermasalah. Gejala itu semakin terlihat jelas ketika mengalami tanda lain seperti berdahak, munculnya darah sampai dengan demam.

2. Sesak nafas.
Ketika melakukan berbagai aktivitas setiap hari, pasti kondisi paru berbeda-beda. Nah, ini juga menjadi salah satu tanda apakah paru Anda sehat atau tidak. Misalnya saja nafas pendek, tersengal-sengal sampai dengan sulit untuk bernafas ketika usai melakukan aktivitas berat.

3. Berdahak.
Seperti yang dikatakan diatas, batuk secara terus menerus menjadi salah satu masalah yang perlu untuk diwaspadai. Apalagi jika berdahak, karena itu menjadi pertanda jika adanya infeksi atau iritasi. Bila produksi lendir tidak kunjung berhenti, bisa menjadi salah satu infeksi pada bagian paru-paru atau sistem pernafasan Anda.

4. Nafas berbunyi.
Nafas yang berbunyi secara terus menerus atau lebih dikenal sebagai mengi menjadi salah satu gejala. Dimana itu tanda adanya hambatan dalam saluran udara atau mengalami penyempitan. Masalah yang dialami ketika muncul gejala tersebut bisa disebut dengan asma atau bisa juga dengan emfisema.

5. Batuk darah.
Darah yang keluar secara langsung dari batuk menjadi sinyal kuat adanya gangguan kesehatan pada tubuh Anda terutama untuk masalah pernafasan. Dimana itu merupakan tanda adanya infeksi atau peradangan pada bagian organ dalam tubuh atau sistem pernafasan setiap orang. Bila Anda mengalami hal tersebut, akan lebih baiknya segera atasi dengan konsultasi dokter untuk melakukan pemeriksaan.

6. Nyeri dada kronis.
Gejala yang bisa Anda kenali selanjutnya adalah nyeri pada bagian dada, padahal itu tidak diketahui seperti apa penyebabnya. Masalah itu bisa terjadi satu bulan atau bahkan lebih yang bisa menjadi salah satu tanda atau gejala yang cukup perlu diwaspadai. Nyeri ini timbul akibat salah satu iritasi atau peradangan dalam dada.

Nah, itulah beberapa gejala yang bisa muncul atau Anda kenali sebelum semuanya terlambat. Jangan terlalu khawatir tetapi perlu untuk diwaspadai pula, dimana Anda bisa kenali beberapa ciri seperti diatas. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ada banyak hal atau masalah kesehatan paru-paru yang perlu diwaspadai sebelum parah. Inilah kenapa Anda harus paham seperti apa saja gejala awal agar lebih cepat untuk melakukan pertolongan pertama.

You Might Also Like

0 komentar

IBX582442C5AC81A